Kamis, 03 April 2014

Persaingan Fitur Smartphone Antara Blackberry Z10 Dengan Samsung S4" (Tugas Manajemen Pemasaran)



KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
            Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan hidayahnya. Alhamdulilah paper Manajemen Pemasaran yang berjudul “Persaingan Fitur Smartphone Antara Blackberry Z10 Dengan Samsung S4” telah selesai dibuat tepat pada waktunya.
            Saya ucapkan banyak terimakasih pada pihak yang terkait pembuatan makalah ini, segala referensi dari orang-orang sekitar yang saya tampung sehingga terbentuklah paper ini.
            Saya menyadari dalam pembuatan paper ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu saya menghargai kepada para pembaca yang sudi memberikan kritik dan saran yang mampu membangun untuk memperbaiki di paper berikutnya.
            Semoga paper yang telah saya susun, dapat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi saya sebagai penulis. Akhir Kata,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

                                                                                                Bogor, 01 April 2013
                                                                                                             Penulis








DAFTAR ISI

Kata Pengantar .....................................................................................................................  1
Daftar isi .................................................................................................................................  2
BAB I PENDAHULUAN  ....................................................................................................  4
1.1     Latar Belakang ..........................................................................................................  4
1.2     Identifikasi Masalah ..................................................................................................  5
1.3     Tujuan Penelitian .......................................................................................................  5
1.4     Manfaat Penelitian ....................................................................................................  5
1.5     Metode Penelitian .....................................................................................................  6
BAB II TINJAUAN PUSTAKA  ........................................................................................  7
2.1 Pengertian Pemasaran .................................................................................................  7
2.2 Pengertian Manajemen Pemasaran .............................................................................  8
2.2.1 Konsep Pemasaran ...........................................................................................  8
2.2.2 Strategi Pemasaran ...........................................................................................  9
2.2.3 Fungsi Pemasaran ..........................................................................................  10

BAB III TINJAUAN UMUM OBJEK PENELITIAN ..................................................  12
3.1  Gambaran Umum Perusahaan .................................................................................  12
3.1.1 Perusahaan Blackberry ..................................................................................  12
3.1.2 Perusahaan Samsung .....................................................................................  19
3.2 Promosi Produk Perusahaan ....................................................................................  23

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN ...........................................................................  24
4.1 Spesifikasi Produk ...................................................................................................  24
4.1.1 Produk Blackberry Z10 .................................................................................  24
4.1.2 Produk Samsung S4 ......................................................................................  29
4.2 Harga Produk ...........................................................................................................  32
4.2.1 Produk Blackberry  ........................................................................................  32
4.2.2 Produk Samsung  ...........................................................................................  33
4.3 Kelebihan Dan Kekurangan Produk  .......................................................................  34
4.3.1 Produk Blackberry Z10 .................................................................................  34
4.3.2 Produk Samsung S4 ......................................................................................  35
4.4 Market Leader .........................................................................................................  37
4.5 Pesaing ..................................................................................................................... 38

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN ............................................................................  43
5.1 Kesimpulan ..............................................................................................................  43
5.2 Saran ........................................................................................................................  43
Daftar Pustaka ....................................................................................................................  44


















BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Penjualan merupakan hal yang terpenting dari hidup dan matinya suatu perusahaan, tanpa sebuah penjualan perusahaan tidak akan mampu bertahan lama. Karena setiap perusahaan pasti mengharapkan produknya mampu diterima oleh masyarakat luas, oleh karena itu dibutuhkan pengenalan produk yang dapat menarik minat masyarakat.
            Masalah kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan memiliki peranan yang sangat penting, karena pemasaran merupakan fungsi kegiatan bisnis yang mengidentifikasikan keinginan dan kebutuhan yang belum terpenuhi dan mengukur seberapa besar keinginan dan kebutuhan yang belum terpenuhi tersebut. Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk memulihkan tingkat penjualan, namun bagi perusahaan modern menggunakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah melalui promosi.
            Promosi terdiri dari 4 level yaitu personal selling, periklanan, promosi penjualan, dan publisitas. Dari keempat atau salah satu variabel promosi perusahaan diharapkan mampu meningkatkan volume penjualan sesuai dengan kebutuhan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
            Saat ini pun, teknologi informasi semakin bertebaran. Saya sangat tertarik untuk meneliti persaingan produk telekomunikasi. Untuk itu hanya mengidentifikasi handphone smartphone, persaingan Blackberry dengan Samsung. Yang bisa terlihat bahwa persaingan mereka cukup ketat. Ditambah sejak akhir 2013 kemarin, Samsung yang akan meluncurkan produk terbarunya. Yaitu Samsung S4. Membuat Blackberry geram, sehingga untuk menyainginya, Blackberry merencanakan meluncurkan Blackberry Z10 yang tidak kalah canggihnya dengan Samsung S4.
            Jika niatnya hanya untuk menyaingi dan tidak memberikan fitur terbaik, maka dari itu saya berniat membedakan fitur Blackberry Z10 dengan Samsung S4. Dari mulai design, spesifikasi, harga pasar, bentuk promosi yang dilakukan, pemimpin pasar, kelebihan dan kekurangan dari keduanya, serta pesaing lain yang siap mengalahkan kedua produk itu. Untuk itu saya membuat suatu paper dengan judul “Persaingan Fitur Smartphone Antara Blackberry Z10 Dengan Samsung S4”


1.2  Identifikasi Masalah
Dengan melihat latar belakang masalah, penulis memandang perlu untuk mengindentifikasi dan membatasi masalah yang diteliti. Dalam perumusan ini, dirumuskan permasalahan sebagai berikut.
1.      Bagaimana spesifikasi dari produk Blackberry Z10 dan Samsung S4.
2.      Seperti apa promosi yang kedua produk lakukan untuk menarik minat masyarakat.
3.      Daftar harga produk yang ditawarkan oleh Blackberry dan Samsung.
4.      Kelebihan serta kekurangan dari Blackberry Z10 dan Samsung S4.

1.3  Tujuan Penelitian
Maksud dari penelitian ini adalah :
1.      Mengajarkan kepada masyarakat luas, bagaimana cara memilih dan memilah serta membedakan kwalitas handphone jika dilihat dari spesifikasi handphone tersebut. Jangan mudah terpengaruh karena harga yang rendah.
2.      Belajar mempelajari promosi yang dilakukan oleh pihak Blackberry dan Samsung, agar kita sebagai pembaca mampu meniru dan mencontoh promosi yang dilakukan oleh perusahaan yang sudah pesat.
3.      Mengenali kelemahan dan kelebihan dari produk yang kita inginkan.

1.4. Manfaat Penelitian
Dari informasi yang diperoleh, maka diharapkan penelitian ini dapat memberikan kegunaan diantara sebagai berikut :
1.      Bagi penulis
Untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan, pengalaman serta meningkatkan wawasan pengetahuan dibidang manajemen khususnya manajemen pemasaran.
2.      Bagi pembaca
Untuk menambah pengetahuan baru agar dapat membedakan mana produk asli dengan kwalitas baik, dan mana produk abal yang hanya bisa meniru tanpa didampingi kwalitas.

1.5 Metode Penelitian
Dalam perumusan paper ini, penulis memerlukan data yang bersifat kualitatif. Untuk mempelajari dan mengumpulkan data tersebut, penulis menggunakan metode sebagai berikut :
1.      Studi Pustakawan
Yaitu teknik pengumpulan data, berdasarkan buku buku literatur yang diperlukan, sehingga diperoleh penghertian teoritis yang diperlukan untuk menganalisis data.
2.      Googling
Mencari informasi dengan bantuan search engine Google.














BAB II
TINAJAUN PUSTAKA

2.1    Pengertian Pemasaran
Pengertian pemasaran tidak lain dari pada saat proses perpindahan barang dari tangan produsen ke tangan konsumen.
Pemasaran merupakan suatu proses yang dilakukan perusahaan dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidup agar berkembang dan mendapatkan keuntungan ynag diinginkan dari proses pemasaran. Berhasil atau tidaknya suatu perusahaan dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung pada keahlian mereka di bidang pemasaran.
Beberapa ahli memberikan definisi tentang pemasaran antara lain :
Menurut Philip Kotler dan Amstrong (1997 : 8  ) mendefinisikan :
“Pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain”
Menurut W Stanton mendefinisikan :
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.”
Menurut William J. Staton (2002 : 12) mendefinisikan :
“Pemasaran meliputi keseluruhan sistem yang berhubungan dengan kegiatan – kegiatan usaha, yang bertujuan merencanakan, menentukan harga, hingga mempromosikan barang – barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan pembeli baik yang actual maupun yang potensial.”



2.2    Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran berlangsung sekurang – kurangnya satu pihak mempertimbangkan sasaran dan sarana untuk memperoleh tanggapan yang diharapkan dari pihak lain pada suatu pertukaran yang potensial.
Ada beberapa definisi manajemen pemasaran menurut para ahli, diantaranya adalah :
Menurut Ben M. Anis (2002 : 38 ) mendefinisikan :
“Manajemen pemasaran adalah proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh individu atau perusahaan”.
Menurut Philip Kotler (1997 : 40 ) mendefinisikan :
“Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian terhadapm program yang dirancang unuk menciptakan, membangun dan mempertahankan, pertukaran dan hubungan yang menggantungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi (perusahaan)”.

2.2.1   Konsep Pemasaran
Drs. Basu Swasta DH.MBA dan Drs. Irawan, MBA (1997 : 10) mendefinisikan konsep pemasaran sebagai berikut :
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi den sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.”
            Sekarang konsep pemasaran sudah mengalami perkembangan bersamaan dengan semakin majunya masyarakat dan teknologi.  Ada 5 konsep pemasaran yang berkembang, ada konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran dan konsep pada rasa tanggungjawab.




2.2.2   Strategi Pemasaran
Pembahasan tentang strategi perusahaan, tidak bisa lepas dari perencanaan, arahan, atau acuan gerak langkah perusahaan untuk mencapai suatu tujuan. Ada beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru:
Langkah 1: Penentuan Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan
Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan, pertama-tama harus dilakukan penelitian pasar atau riset pemasaran. Riset pasar harus diarahkan pada kebutuhan konsumen, misalnya barang atau jasa apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka memerlukan. Riset pasar dimaksudkan untuk menentukan segmen pasar dan karakteristik konsumen yang dituju.
Langkah 2: Memilih Pasar Sasaran Khusus (Special Target Market)
Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, langkah berikutnya adalah memilih pasar sasaran khusus. Ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu:
ü Pasar individual (individual market).
ü  Pasar khusus (niche market).
ü Segmentasi pasar (market segmentation).
Dari tiga altematif pasar sasaran tersebut, bagi perusahaan kecil dan usaha baru lebih tepat bila memilih pasar khusus (niche market) dan pasar individual (individual market). Sedangkan untuk perusahaan menengah dan besar lebih baik memilih segmen pasar (segmentation market).
Langkah 3: Menempatkan Strategi Pemasaran dalam Persaingan
Penerapan strategi pemasaran sangat tergantung pada keadaan lingkungan persaingan pasar yang ada dari hari kehari. Keberhasilan dalam segmentasi pasar sangat tergantung pada potensi yang menggambarkan permintaan dari lingkungan persaingan. Ada enam strategi untuk memenuhi permintaan dari lingkungan yang bersaing:
ü Berorientasi pada pelanggan (customer orientation).
ü Kualitas (quality), ialah mengutamakan Total Quality Management (TQM) yaitu efektif, efisien, dan tepat.
ü Kenyamanan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup, kenyamanan, dan kenikmatan.
ü Inovasi (innovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, jasa, maupun proses.
ü Kecepatan (speed), atau disebut juga Time Compression Management (TCM), yang diwujudkan dalam bentuk
Langkah 4: Pemilihan Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran ialah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dalam mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran. Untuk menarik konsumen, wirausaha bisa merekayasa indikator-indikator yang terdapat dalam bauran pemasaran (marketing mix), yaitu probe, product, price, place, promotian.

2.2.3   Fungsi Pemasaran
Menurut William J. Shultz, fungsi pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan dalam bisnis yang terlibat dalam menggerakkan barang dan jasa dari produsen sampai ke tangan konsumen. Dalam konsep fungsi pemasaran Sofjan Assauri (1987: 19) mengklasifikasikan fungsi-fungsi pemasaran atas tiga fungsi dasar yaitu; fungsi transaksi/transfer meliputi : pembelian dan penjualan; fungsi supply fisik (pengangkutan dan penggudangan atau penyimpanan); dan fungsi penunjang (penjagaan, standarisasi dan grading, financing, penanggungan resiko dan informasi pasar).
Adapun fungsi-fungsi pemasaran yang disoroti dalam tulisan ini adalah :
1.      Pembelian (Buying) Ialah fungsi yang mengikuti aktivitas-aktivitas mencari dan mengumpulkan barang-barang yang di perlukan sebagai persediaan memenuhi kebutuhan konsumen. Fungsi ini pada dasarnya merupakan proses atau kegiatan mencari penjual dan merupakan tibal balik dari kegiatan penjualan (Selling). Untuk itu maka, sangat perlu dipahami kegiatan apa saja yang dapat mengakibatkan orang melakukan pembelian.
2.      Penjualan (Selling) Mencakup aktivitas-aktivitas yang dilakukan untuk mencari calon pembeli produk yang ditawarkan dengan harapan dapat menguntungkan. Kegiatan penjualan merupakan lawan dari pembelian. Buying tidak akan terjadi tanpa selling demikian pun sebaliknya.
3.      Transportasi Adalah proses pendistribusian atau pemindahan barang dari suatu tempat ke tempat yang lain.
4.      Penggudangan/ penyimpanan Ialah fungsi penyimpanan produk yang dibeli sebagai persediaan agar terhindar dari resiko kerusakan maupun resiko lainnya.
5.      Informasi Pasar, poin ini merupakan fungsi pemasaran yang luas dan penting, karena fungsi ini memberikan informasi tentang situasi perdagangan pada umumnya yang berhubungan dengan produk, harga yang inginkan konsumen dan situasi pasar secara menyeluruh. Menurut Sofjan Assauri (1987: 303) yang dimaksudkan dengan informasi adalah keterangan baik berupa data atau fakta maupun hasil analisa, pertimbangan atau pandangan dari yang menyampaikan mengenai kondisi yang berkaitan dengan kebutuhan dalam pengambilan keputusan.













BAB III
TINJAUAN UMUM OBJEK PENELITIAN

3.1    Gambaran Umum Perusahaan
3.1.1        Perusahaan Blackberry
Blackberry Logo.svg
Industri
Didirikan
Pendiri
Kantor pusat
Waterloo, Ontario, Kanada
Daerah layanan
Seluruh dunia
Tokoh penting
Produk
Pendapatan
▲ US$ 18,435 miliar (2012)
▲ US$ 1,490 miliar (2012)
▼ US$ 1,164 miliar (2012)
▼ US$ 13,731 miliar (2012)
▼ US$ 10,100 miliar (2012)[1]
Karyawan
13.400 (Jan 2013)[2]
Situs web
BlackBerry Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Research In Motion Limited, adalah sebuah perusahaan perangkat telekomunikasi dan nirkabel asal Kanada yang dikenal sebagai pengembang produk telepon pintar dan tablet BlackBerry. Perusahaan ini berkantor pusat di Waterloo, Ontario, Kanada. Perusahaan ini didirikan oleh Mike Lazaridis, yang menjabat sebagai co-CEO bersama Jim Balsillie sampai 22 Januari 2012. CEO-nya sekarang adalah Thorsten Heins.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/6/6d/Research_In_Motion_Logo.svg/250px-Research_In_Motion_Logo.svg.png
Logo Research in Motion, dipakai sampai 30 Januari 2013
Research in Motion didirikan pada tahun 1984 oleh Mike Lazaridis. Nama ini terinspirasi dari kata-kata "poetry in motion" yang ia temukan dalam artikel sepak bola di sebuah surat kabar.
Perusahaan ini bekerja sama dengan RAM Mobile Data dan Ericsson untuk mengubah jaringan data nirkabel Mobitex milik Ericsson menjadi jaringan pager dua arah dan surel nirkabel. Hal utama yang berperan penting dalam pengembangan ini adalah peluncuran Inter@ctive Pager 950 pada Agustus 1998. Tentang ukurannya yang mirip batang sabun, perangkat ini bersaing ketat dengan jaringan pager dua arah SkyTel milik Motorola.
Perkembangan awal RIM dibantu oleh sejumlah investor Kanada pada tahun 1995 melalui pembentukan perusahaan swasta. Working Ventures Canadian Fund Inc. melakukan investasi pertama senilai C$5.000.000 untuk menyelesaikan pengembangan perangkat keras dan lunak pager dua arah RIM. Kucuran dana pra-IPO sebesar C$30.000.000 berhasil dikumpulkan oleh perusahaan ini sebelum melakukan penawaran umum perdana di Bursa Saham Toronto pada Janauri 1998 dengan simbol RIM.

Peluncuran BlackBerry dan Pertumbuhan Perusahaan

Pada tahun 1999, RIM memperkenalkan pager BlackBerry 850. Dengan nama yang merujuk pada kemiripan papan ketiknya dengan buah beri hitam, alat ini mampu menerima surel masuk dari server Microsoft Exchange dengan perangkat lunak servernya, BlackBerry Enterprise Server (BES). Peluncuran BlackBerry menjadi awal dari jajaran produk korporat masa depan perusahaan ini, seperti BlackBerry 957 pada April 2000, telepon pintar BlackBerry pertama. Platform BlackBerry OS dan BES terus ditingkatkan fungsionalitasnya, sementara enkripsi dan S/MIME membantu popularitas BlackBerry di kalangan pemerintahan dan korporasi.
Tak lama kemudian, RIM memperkenalkan perangkat BlackBerry untuk konsumen dengan meluncurkan BlackBerry Pearl 8100, telepon BlackBerry pertama yang dilengkapi fitur multimedia seperti kamera. Peluncuran jajaran produk Pearl sangat sukses, tetapi peluncuran iPhone oleh Apple Inc. mendorong RIM membuat telepon pintar layar sentuhnya sendiri pada tahun 2008, BlackBerry Storm. BlackBerry Storm gagal di pasar konsumen, namun produk BalckBerry terus menuai sukses di pasar korporat. Pada Mei 2010, BlackBerry memiliki pangsa sistem operasi telepon pintar sebesar 10,4%.
Bulan Oktober 2008, RIM masuk dalam daftar "Canada's Top 100 Employers" oleh Mediacorp Canada Inc. dan majalah berita Maclean's.
RIM memperkenalkan diri ke seluruh dunia dengan membuka fasilitas baru di North Sydney, New South Wales, Australia pada Februari 2009. Kantor baru RIM secara resmi dibuka oleh Thomas A.MacDonald, Konsul Jenderal Kanada, dalam acara peresmian yang dihadiri pejabat pemerintah New South Wales dan North Sydney Council, serta mitra dan pelanggan RIM. Kantor baru ini memiliki fasilitas pelatihan, pusat riset dan pengembangan, pusat pemasaran mitra strategis dan layanan bantuan teknis.
Tanggal 18 Agustus 2009, Fortune menyebut RIM sebagai perusahaan yang pertumbuhannya tercepat di dunia dengan kenaikan laba sebesar 84% dalam kurun tiga tahun meski terjadi resesi.
 Tanggal 27 September 2010, RIM meluncurkan komputer tablet BlackBerry PlayBook. BlackBerry PlayBook secara resmi diluncurkan ke pasar Amerika Serikat dan Kanada pada 19 April 2011.
Pada 30 Juni 2011, dorongan investor agar perusahaan ini menghapus struktur CEO gandanya dibatalkan setelah berhasil mencapai kesepakatan dengan RIM. RIM mengumumkan bahwa setelah menjalani diskusi, Northwest & Ethical Investments akan menarik proposal pemegang sahamnya sebelum rapat tahunan RIM.
Pada tanggal 10 Oktober 2011, RIM mengalami salah satu gangguan layanan terburuk sepanjang sejarahnya. Sepuluh juta pengguna BlackBerry di Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Utara tidak dapat menerima atau mengirim surel dan pesan BBM melalui telepon genggam mereka.[15] Gangguan ini diakibatkan oleh matinya saklar inti.[16] Layanan ini kembali pulih pada 13 Oktober dan RIM meluncurkan paket aplikasi premium gratis senilai $100. 
Tanggal 22 Januari 2012, RIM menyatakan bahwa CEO-nya, Jim Balsillie dan Mike Lazaridis, telah mengundurkan diri. Mereka digantikan oleh Thorsten Heins.
 Pada 29 Maret 2012, RIM melakukan tinjauan strategis terhadap strategi bisnis masa depannya.] Sebagai bagian dari perombakan manajemen, mantan CEO Jim Balsillie mengundurkan diri dari dewan RIM seiring keluarnya David Yach, CTO untuk divisi perangkatl unak, dan Jim Rowan, COO untuk operasi global.
Setelah empat tahun berselisih dengan pemerintah India, RIM setuju memberikan kunci enkripsi untuk layanan surel perusahaan dan sistem kirim pesannya yang populer. Perusahaan ini menciptakan solusi yang mampu menyadap pesan dan surel antara perangkat-perangkat BlackBerry dan memberikan akses komunikasi terenkripsi ini ke badan keamanan India.
Tahun
Penjualan
($ juta)
Laba Operasi
($ juta)
Laba Bersih
($ juta)
2002
294
(58)
(28)
2003
307
(64)
(149)
2004
595
78
52
2005
1.350
386
206
2006
2.066
617
375
2007
3.037
807
632
2008
6.009
1.731
1.294
2009
11.065
2.722
1.893
2010
14.953
3.507
2.457
2011
19.907
4.739
3.444

Sekilas Tentang Mike Lazaridis
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnfqOhnW1nPvV5b3EEF6DLSGIOygC2khTn6pL_iQfa6IuFQJO1IPUe8DZl_XSfSpRkHr7SFZ23v_QN6suy9g61fJMamn75gvxwwM7W88HvvqPBYrLMFLpcdlQ6FuRdQkXDGzWJzN-ynATI/s320/mike+lazaridis.jpgMike Lazaridis. Lahir 14 Maret 1961, di Istambul Turki. Sebenarnya, nama lengkapnya adalah Mihalis Lazaridis. Dia bukan asli Kanada. Orangtuanya berdarah Yunani. Pada usia lima tahun, ia ikut keluarganya pindah ke Kanada. Mereka menetap di Windsor, Ontario. Mike sudah menunjukkan bakat, kepintaran dan ketekunannya sejak usia 12 tahun, di tahun 1979, dia memenangkan hadiah dari Perpustakaan Umum Windsor karena ia telah membaca semua buku sains koleksi perpustakaan tersebut. Sejak kecil ia candu membaca.
Mike beruntung karena orangtua dan lingkungan sekolahnya sangat memungkinkan ia mengembangkan bakat dan minatnya pada elektronika. Tahun 1979, ia mulai kuliah di University of Waterloo, Ontario, Kanada. Di sinilah ia mulai merintis RIM (Research In Motion Limited). Tahun 1984, semasa masih mahasiswa, Mike ikut lomba tender di perusahaan raksasa otomotif General Motors. Proyeknya adalah merancang sistem display pengontrol jaringan komputer. Dia menang dan dapat hadiah berupa kontrak kerja senilai 500 ribu dolar AS.
Mike sangat serius dalam mengembangkan perusahaannya itu. Sebelum mengembangkan BlackBerry, pada tahun 1999 RIM bekerja sama dengan RAM Mobile Data dan perusahaan ponsel Ericsson yang lebih dahulu terkenal, mengembangkan Mobitex. Ini adalah perangkat data bergerak yang dirintis oleh Ericsson.Hasilnya? Diluncurkanlah Inter@ctive Pager 950. Agustus tahun 2000 produk ini mulai dipasarkan. Ukurannya kira-kira sebesar sabun mandi. Di pasar ia bersaing dengan SkyTel, produk sejenis – sama-sama pager dua arah - milik Motorola. Produk ini tak berhasil di pasar.
Mike adalah seorang visioner dan inovator Yang mampu melihat jauh ke masa depan dan bisa mencitakan sesuatu yang diperlukan oleh orang untuk hidup nyaman dalam kondisi di masa depan yang sangat membutuhkan pertukaran informasi dan juga data. Hingga akhirnya Ia berhasil membuat sebuah gadget pintar yang dapat memenuhi kebutuhan pertukaran informasi dan data secara realtime baik dengan cara mengirimkan teks, suara, dan bahkan Push mail. Namun, terjadi kendala ketika produk itu akan diluncurkan, yaitu masalah Brandmark atau nama pasaran produk. Saat itu RIM memaki jasa Lexico Branding di California. Sebuah perusahaan konsultan merek terkenal di Amerika namun masih saja belum menemukan nama yang pas, mudah diingat dan memiliki nilai jual tinggi. Setelah lama memikir dan melihat bentuk serta logo pada produk tersebut tercetuslah nama "Blackberry". "BlackBerry mudah melekat di ingatan, lebih baik daripada nama-nama seperti ProMail atau MegaMail," kata Placel (Pimpinan Lexico Branding California).
Nama Blackberry diambil setelah melihat logo gambar yang berbentuk butiran-butiran serta warna produk tersebut yang hitam legam. Dan dengan mengusung nama brand tersebut BlackBerry kini terjual hampir 100juta unit di 91 negara, bekerja sama dengan 500 operator, dan menguasai 20.8 persen pasar telepon pintar. Hanya kalah dengan Nokia Syimbian OS.
Aktivitasnya semakin padat dan bakat usahanya kian terasah setelah mendapat kontrak senilai 500.000 dollar AS dari General Motors (GM). Tugasnya adalah membangun display kontrol jaringan komputer di raksasa otomotif itu.
Namun, ada fakta unik pada kisah ini. Bahwa dibalik kesuksesan RIM sebagai pencetak Blackberry ternyata Mike Lazaridis adalah seorang Mahasiswa Drop uot. Ia yang sejak kecil maniak mengutak-atik barang elektronik namun tak selesai kuliah di jurusan Teknik Elektro. Dia di-drop out, hanya dua bulan menjelang wisuda di University of Waterloo, Kanada. Ia lebih memilih sibuk mengurusi perusahaan yang ia dirikan sambil kuliah.
Tentunya tak berlebihan pula menyandingkan nama Lazaridis dengan pemilik Microsoft, Bill Gates, dan pemilik jaringan sosial Facebook, Mark Zuckerberg. Sebab, tangan dingin mereka mampu melahirkan produk barn dalam waktu relatif singkat dan menjadi ikon gaya hidup manusia.




3.1.2        Perusahaan Samsung
Filosofi Samsung
Di Samsung, kami mengikuti filosofi bisnis yang sederhana: mencurahkan bakat dan teknologi kami untuk menciptakan produk unggulan dan jasa yang berkontribusi kepada masyarakat global yang lebih baik.
Setiap hari, personal kami menerapkan filosofi ini dalam kehidupannya. Pemimpin kami mencari bakat cemerlang dari seluruh dunia dan memberikan sumber daya yang mereka butuhkan untuk menjadi yang terbaik atas apa yang mereka lakukan. Hasilnya adalah semua produk kami - dari chip memori yang membantu bisnis menyimpan pengetahuan penting untuk ponsel, yang menghubungkan orang di seluruh benua - memiliki kekuatan untuk memperkaya kehidupan. Dan hal itulah yang menjadikan kami masyarakat global yang lebih baik.
Samsung  percaya bahwa hidup dengan nilai-nilai yang kuat adalah kunci untuk bisnis yang baik. Itulah mengapa nilai-nilai inti dengan kode etik yang ketat, menjadi alasan utama dari setiap keputusan yang kita buat.
Begitu sederhana, sebuah perusahaan seperti orang-orangnya. Di Samsung, kami mendedikasikan untuk memberikan kesempatan yang besar untuk para karyawan mencapai potensi yang maksimal.
Keunggulan
Segala sesuatu yang kita lakukan di Samsung didorong oleh semangat pantang menyerah untuk sebuah keunggulan-dan komitmen yang tak tergoyahkan untuk mengembangkan produk dan layanan terbaik di pasar.
Perubahan
Dimasa ekonomi global saat ini, perubahan adalah konstan dan inovasi adalah hal penting untuk kelangsungan hidup perusahaan. Seperti yang telah kita lakukan selama 70 tahun, kami memiliki visi masa depan, mengantisipasi kebutuhan pasar dan tuntutan sehingga dapat mengarahkan perusahaan menuju kesuksesan jangka panjang.
Integritas
Menjalankan sesuatu dengan cara yang etis adalah dasar bisnis kami. Segala sesuatu yang kita lakukan mengacu pada moral kompas yang menjamin keadilan, menghormati semua pemegang saham dan transparansi lengkap.
Kemakmuran
Sebuah bisnis tidak berhasil jika tidak menghasilkan kemakmuran dan kesempatan bagi orang lain. Samsung mendedikasikan untuk menjadi warga korporasi yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan dalam setiap komunitas dimana kami berada.
Diagram yang menggambarkan Prinsip Bisnis Samsung

Visi 2020

Visi Samsung Electronics untuk dekade baru adalah "Inspire the World, Create the Future."
Kami berkomitmen untuk menginspirasi masyarakat diseluruh dunia dengan mengembangkan teknologi terbaru, produk-produk inovatif dan solusi kreatif. Kami juga berkomitmen untuk menciptakan masa depan yang cerah dengan mengembangkan nilai baru untuk jaringan inti: industri, mitra dan karyawan. Melalui upaya ini, kami berharap berkontribusi pada dunia dengan lebih baik dan pengalaman yang lebih kaya bagi semua.
Diagram yang menggambarkan semboyan Samsung, "Menginspirasi Dunia, Menciptakan Masa Depan"
Sebagai bagian dari visi terbaru kami, kami telah memtakan rencana yang spesifik untuk mencapai $ 400 milyar pendapatan dan menjadi salah satu lima merek top dunia pada tahun 2020. Untuk tujuan ini, kami telah mendirikan tiga pendekatan strategis dalam manajemen kami yaitu kreativitas, kemitraan dan bakat.
Kami sangat gembira dengan masa depan. Seperti kita membangun prestasi kami sebelumnya, kami berharap untuk menjelajahi wilayah baru, termasuk kesehatan, kedokteran dan bioteknologi. Kami berkomitmen untuk menjadi pemimpin kreatif di pasar baru dan menjadi bisnis nomor 1 yang benar-benar No maju.
Diagram yang menggambarkan pentingnya Visi Industri, Visi Mitra dan Visi Perusahaan bagi Visi Samsung 2020
Sejarah Samsung
Berawal dari bisnis ekspor kecil di Taegu, Korea, Samsung telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan elektronik terkemuka di dunia, dengan spesialisasi pada media dan peralatan digital, semikonduktor, memori, dan integrasi sistem. Kini proses dan produk inovatif dan berkualitas Samsung telah diakui di dunia. Itu semua menjadi tonggak utama dalam sejarah Samsung, menunjukkan bagaimana perusahaan ini telah mengembangkan jajaran dan pencapaian produknya, meningkatkan pendapatan dan saham pasarnya, dan mengikuti misinya untuk memberikan hidup yang lebih baik bagi pelanggan di seluruh dunia.
Memprakarsai Era Digital
Era digital telah membawa perubahan – dan kesempatan – yang revolusioner bagi bisnis secara global, dan Samsung telah menjawabnya dengan teknologi yang canggih, produk yang kompetitif, dan inovasi yang konstan.
Kami percaya bahwa kita semua berperan dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik. Kami melihat masa lalu dan masa depan untuk menemukan inspirasi hari ini. Apakah itu teknologi atau manusia, Samsung selalu berupaya berkontribusi untuk masa depan yang lebih baik.
Ikhtisar Laporan Keuangan Tahun 2012
DALAM MILIAR
WON
DOLLAR
EURO
Penjualan Bersih*
274.275,6
247,5
185,1
Jumlah Aset
434.985,8
384,3
287,8
Jumlah Kewajiban
254.329,2
224,7
168,3
Jumlah Ekuitas
180.656,6
159,6
119,5
Laba Bersih*
20.316,3
18,3
13,7
[dalam miliar]
Samsung terdiri dari perusahaan-perusahaan yang menerapkan standar baru dalam berbagai bisnis, dari elektroni hingga layanan finansial, dari bahan kimia dan industri alat berat hingga perdagangan dan layanan lain. Semua berbagi komitmen untuk menciptakan produk dan layanan berkualitas tinggi yang inovatif, yang diandalkan oleh jutaan orang dan bisnis di seluruh dunia setiap harinya.


3.2    Promosi Produk Perusahaan
Berbicara tentang promosi, setiap perusahaan pasti mengeluarkan promosi yang gencar agar semua produknya dapat dikenal masyarakat dan mampu terjual. Begitu juga dengan perusahaan Blackberry dan Samsung. Mereka berlomba – lomba memikat hati masyarakat dengan menawarkan beribu – ribu fitur yang relevan. Namun, promosi yang dilakukan oleh kedua perusahaan sama persis. Seperti melalui iklan televisi, baliho/ famplet besar di pusat kota, media kabar, dll.
Dari promosi yang mereka lakukan tidaklah berakhir dengan sia – sia. Terbukti masyarakat paham betul dengan merk kedua handphone ini.

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Spesifikasi Produk
4.1.1 Produk Blackberry Z10
BlackBerry Z10 Spesifikasi
Z1016GB  Penyimpanan internal
4.2" Layar sentuh
8MP Kamera belakang
3G Siap
1280 x 768 resolusi, 356 ppi
Hingga 11 jam* waktu bicara (3G)
Hingga 17 hari* waktu siaga
HD 1080p perekaman video
MicroSD kartu memori
BlackBerry® 10 sistem operasi
*Catatan: Klaim daya tahan baterai adalah untuk Model STL100-3

Desain

Ukuran

  • Tinggi 130 mm / 5.11 inci
  • Lebar 65.6 mm / 2.58 inci
  • Tebal 9 mm / 0.35 inci

Berat

  • 136g / 4.80 oz

Navigasi

  • Layar serba-sentuh, dengan navigasi berdasarkan gerakan yang intuitif

Keyboard

  • BlackBerry Keyboard di layar (potret/lanskap), dengan koreksi otomatis kontekstual, prediksi kata berikutnya, dan mesin pembelajaran yang disesuaikan yang mengenali cara Anda mengetik

Tombol khusus

  • Volume Naik/Turun, Diam, Kunci (untuk menghidupkan/mematikan)

Layar

Resolusi

  • resolusi 1280 x 768, pada 356 ppi
  • Kedalaman warna 24 bit

Ukuran layar

  • 4.2" diagonal
  • Rasio aspek 15:9

OS & desktop software

Sistem operasi

  • OS BlackBerry 10

Perangkat lunak desktop

  • Perangkat lunak BlackBerry® Link untuk komputer supaya memudahkan sinkronisasi data dan media

Performa

Prosesor

  • Dual Core 1.5 GHz

Memori

  • RAM 2 GB
  • Flash 16 GB

Memori tambahan

  • Kartu memori microSD dapat dilepas – slot di bawah tutup baterai (hingga 32 GB)

Port USB

  • Port USB 2.0 kecepatan tinggi – memungkinkan pengisian daya dan sinkronisasi data perangkat lewat kabel USB

Port HDMI

  • Micro HDMI untuk sambungan ke HDTV atau proyektor

Daya

Baterai

  • Baterai 1800mAH dapat-dilepas

Masa Pakai Baterai

  • Waktu bicara hingga 11 jam (3G)
  • Waktu siaga hingga 17 hari
  • *Catatan: Klaim daya tahan baterai adalah untuk Model STL100-1

Kamera & video

Kamera belakang

  • Kamera 8 megapiksel fokus-otomatis
  • Backside Illumination untuk kinerja yang lebih baik pada pencahayaan rendah
  • Lensa F2.2 5 elemen
  • Lampu kilat, kontinu dan sentuh untuk mengunci fokus, stabilisasi gambar
  • Zoom digital 5 x
  • Perekaman video HD 1080p
  • Mode Time Shift untuk memilih dan menyesuaikan elemen tertentu pada gambar

Kamera depan

  • Kamera 2 megapiksel fokus-otomatis
  • Stabilisasi gambar dan video
  • Zoom digital 3x
  • Perekaman video HD 720p

Multimedia

Format gambar

  • BMP, WBMP, JPG, GIF, PNG, TIFF, SGI, TGA

Format audio & video

  • 3GP, 3GP2, M4A, M4V, MOV, MP4, MKV, MPEG-4, AVI, ASF, WMV, WMA, MP3, MKA, AAC, AMR, F4V, WAV, MP2PS, MP2TS, AWB, OGG, FLAC

Encoding/decoding audio & video

  • H.264, MPEG-4, H.263, AAC-LC, AAC+, eAAC, MP3, PCM, Xvid, AMR-NB, WMA 9/10, WMA10 professional, WMA-LL, VC-1, VP6, SPARK, PCM, MPEG-2, MJPEG (mov), AC-3, AMR-WB, QCELP, FLAC, VORBIS

Aplikasi

Aplikasi bawaan

  • BlackBerry® Hub, Contacts, Browser, Calendar, BBM, Text Messages, BlackBerry® World, Remember, Docs To Go, Pictures, Story Maker, Facebook®1, Twitter®1, LinkedIn®1, Foursquare®, BlackBerry® Maps, Games, YouTube®, BlackBerry®, Voice Control, Weather, Clock, Calculator, Compass, File Manager, Box, BlackBerry® Connect for Dropbox, Print To Go, Smart Tags, Settings, Adobe® Reader, Phone, Camera/Video Camera/Time Shift, Setup, Help, SIM Toolkit, Search

Keamanan

  • Perlindungan sandi, pengunci layar, mode tidur
  • BlackBerry® Balance menyediakan profil khusus untuk memisahkan data pekerjaan dan data pribadi

Pemberitahuan & notifikasi

  • Nada
  • Getar
  • Indikator di layar atau LED

Input/output suara

  • Speakerphone handsfree terintegrasi
  • Mendukung headset handsfree
  • Mendukung headset Bluetooth

Jaringan & konektivitas

Band jaringan

  • 3G
  • 21Mbps HSPA+
  • Pita quad HSPA+ 1, 2, 5/6, 8 (850/900/1900/2100 MHz)
  • Quad band EDGE (850/900/1800/1900 MHz)

Wi-Fi®

  • 802.11 a/b/g/n
  • 2.4 GHz / 5 GHz
  • Hotspot Mobile

Bluetooth®

  • Bluetooth 4.0 LE (Rendah Energi)
  • Bluetooth 4.0 LE (Rendah Energi)

GPS

  • GPS Terpandu, Independen, dan Simultan
  • Sudah terisi dengan aplikasi BlackBerry Maps
  • GLONASS Support

NFC

  • BlackBerry® Tag dengan teknologi NFC memudahkan komunikasi antara smartphone BlackBerry dengan perangkat lain yang memiliki NFC hanya dengan satu ketukan

Sensor

Sensor Canggih

  • Akselerometer
  • Magnetometer
  • Sensor proksimitas
  • Giroskop
  • Sensor cahaya ambien

Aksesibilitas

  • BlackBerry® Magnify, bagi pengguna dengan penglihatan kurang sempurna -
  • Kecerahan layar dapat disesuaikan, ukuran font dapat diatur
  • Mendukung Teletypewriter (TTY) –


s4.jpg4.1.2 Produk Samsung S4
Jaringan dan Konektivitas Nirkabel
  • GSM 3G | HSPA+
  • EDGE/GRPS (850/900/1800/1900 MHz)
  • HSPA+ (850/900/1900/2100 MHz)
  • Wi-Fi : 802.11 a/b/g/n/ac HT80
  • Wi-Fi Direct available
  • Bluetooth 4.0 : PBAP, PBA, A2DP, AVRCP, HFP, HSP, OPP, SAP, HID, PAN, MAP)
  • NFC available
  • DLNA, MHL 2.0 support
  • KIES, KIES Air support
Chipset
  • Octa Core Processor
  • 1.6GHz Quad + 1.2GHz Quad CPU Speed
Spesifikasi Fisik
  • 136.6 * 69.8 * 7.9 mm Dimension
  • 130 g Weight
Baterai
  • 2600 mAh Standard Battery
  • Up to 8 Hours Internet Usage Time (3G)
  • Up to 10 Hours Internet Usage Time (Wi-Fi)
  • Up to 11 Hour Video Playback Time
  • Up to 62 Hours Audio Playback Time
  • 2600 mAh battery
  • USB Chargeable
  • Up to 17 Hours Talk Time (W-CDMA)
  • Up to 370 Hours Standby Time (W-CDMA)

Audio dan Video
  • Video Format : MPEG4, H.263, H.264, DivX, DivX3.11, VC-1, VP8, WMV7/8, Sorenson Spark, HEVC
  • Full HD (1080p) Video Playback available
  • Recording up to 30fps
  • Audio Format : MP3, AAC, AAC+, eAAC+, AMR-NB/WB, OGG, FLAC, AC-3, apt-X (Bluetooth)
Sistem Operasi
  • Android 4.2.2 (Jelly Bean)
Kamera
  • 13 Megapixels Camera Resolution (Rear)
  • 2 Megapixels Camera Resolution (Front)
  • Power LED Flash (1EA)
  • Auto Focus available
Warna
  • White Frost / Black Mist Color
Lokasi
  • Assisted GPS, GLONASS
Display
  • Full HD Super AMOLED
  • 16M Color Depth
  • 5" Display Size
  • 1920 * 1080 Resolution
Sensor
  • Accelerometer, Geomagnetic, Gyro, RGB light, Barometer, Proximity, Gesture, Temperature & Humidity, Hall sensors
Konektor
  • USB 2.0 support
  • 3.5mm Stereo Earjack
  • MicroSD External Memory Slot (up to 64GB)
  • Micro SIM (3FF) support
  • Micro USB(5V, 2A) Connector
  • MHL available
Aplikasi dan Layanan
  • Samsung Apps available
  • Available in Samsung Hub (depedent on market)
  • Available in Samsung Hub (depedent on market)
  • Available in Samsung Hu (depedent on market)
  • ChatON available
  • ActiveSync available



4.2 Harga Produk
4.2.1 Harga Produk Blackberry
Tipe BlackBerry
Harga Baru
Harga Bekas
Rp. 8.250.000
Rp. -
BlackBerry Z10
Rp. 5.700.000
Rp. 5.000.000
BlackBerry Q10
Rp. 6.800.000
Rp. 6.100.000
BlackBerry Q5
Rp. 4.000.000
Rp. 3.600.000
BlackBerry 4G LTE PlayBook
Rp. 3.000.000
Rp. 2.250.000
BlackBerry Porsche P’9981 (Knight)
Rp.18.000.000
Rp.14.500.000
BlackBerry Bold 9900 (Dakota)
Rp. 4.550.000
Rp. 3.000.000
BlackBerry Bold 9790 (Bellagio)
Rp. 3.200.000
Rp. 2.450.000
BlackBerry Bold 9930 (Montana)
Rp. 3.200.000
Rp. 2.750.000
BlackBerry Torch 9810 (Jennings)
Rp. 3.800.000
Rp. 2.900.000
BlackBerry Torch 9860 (Monza)
Rp. 3.050.000
Rp. 1.900.000
BlackBerry Torch 9850 (Monaco)
Rp. 2.350.000
Rp. 1.750.000
BlackBerry Bold 9780 (Onyx 2)
Rp. 2.300.000
Rp. 1.700.000
BlackBerry Torch 9800 (Torch 1)
Rp. 3.350.000
Rp. 1.850.000
BlackBerry 9530 (STROM)
Rp. -
Rp. 950.000
BlackBerry 9530 (STROM 2)
Rp. -
Rp. 1.050.000
BlackBerry Curve 9380 (Orlando)
Rp. 2.875.000
Rp. 1.500.000
BlackBerry Curve 9320 (Armstrong)
Rp. 2.150.000
Rp. 1.600.000
BlackBerry Curve 3G 9300 (Kepler)
Rp. 2.000.000
Rp. 1.200.000
BlackBerry Curve 9360 (Apollo)
Rp. 2.650.000
Rp. 1.700.000
BlackBerry Pearl 3G 9105 (Stratus)
Rp. 1.500.000
Rp. 1.000.000
BlackBerry Curve 9220 (Davis)
Rp. 1.425.000
Rp. 1.000.000
BlackBerry 9670 (Style)
Rp. 1.100.000
Rp. 800.000
BlackBerry Curve 8530 (Smart)
Rp. 775.000
Rp. 600.000
BlackBerry Curve 8520 (Gemini)
Rp. -
Rp. 900.000
BlackBerry 8900 (Jevelin)
Rp. -
Rp. 900.000










4.2.2        Harga Produk Samsung

NO
Type HP Samsung Galaxy
Harga Baru
Harga Bekas
1
Samsung Galaxy Star Pro
Rp -
Rp -
2
Samsung Galaxy S4 Active
Rp -
Rp -
3
Samsung I9190 Galaxy S4 mini
Rp 4.850.000,00
Rp 4.500.000,00
4
Samsung Galaxy Infinite SCH-I759
Rp 2.250.000,00
Rp 2.000.000,00
5
Samsung Galaxy S4 zoom C101
Rp 5.275.000,00
Rp 4.850.000,00
6
Samsung Galaxy Ace 3 3G GT-GT-S7270
Rp -
Rp -
7
Samsung Galaxy Core Duos I8262
Rp 2.675.000,00
Rp 2.300.000,00
8
Samsung Galaxy Mega 6.3 I9200
Rp 5.025.000,00
Rp 4.500.000,00
9
Samsung Galaxy Young S6310
Rp 1.250.000,00
Rp 1.000.000,00
10
Samsung Galaxy Star S5282
Rp 800.000,00
Rp 650.000,00
11
Samsung Galaxy Mega 5.8 I9152
Rp 3.850.000,00
Rp 3.450.000,00
12
Samsung I9500 Galaxy S4
Rp 6.550.000,00
Rp 6.000.000,00
13
Samsung Galaxy Fame S6812
Rp 1.720.000,00
Rp 1.400.000,00
14
Samsung Ativ S I8750
Rp 4.675.000,00
Rp 4.250.000,00
15
Samsung Galaxy Grand I9082
Rp 3.250.000,00
Rp 2.650.000,00
16
Samsung I8190 Galaxy S III mini
Rp 3.150.000,00
Rp 2.700.000,00
17
Samsung I9070 Galaxy S Advance
Rp 3.200.000,00
Rp 2.700.000,00
18
Samsung Champ Neo Duos C3262
Rp 550.000,00
Rp 400.000,00
19
Samsung S3570 Ch@t 357
Rp 700.000,00
Rp 550.000,00
20
Samsung Galaxy Note II N7100
Rp 6.245.000,00
Rp 5.650.000,00
21
Samsung Galaxy Chat B5330
Rp 1.120.000,00
Rp 850.000,00
22
Samsung Galaxy Ace Duos S6802
Rp 1.850.000,00
Rp 1.500.000,00
23
Samsung I8530 Galaxy Beam
Rp 4.800.000,00
Rp 4.250.000,00
24
Samsung Galaxy Ace 2 I8160
Rp 2.375.000,00
Rp 1.800.000,00
25
Samsung I9300 Galaxy S III
Rp 5.445.000,00
Rp 4.950.000,00
26
Samsung Galaxy mini 2 S6500
Rp 1.450.000,00
Rp 1.050.000,00
27
Samsung Galaxy Ace Plus S7500
Rp 2.075.000,00
Rp 1.750.000,00
28
Samsung S 5300 Galaxy Pocket
Rp 1.050.000,00
Rp 850.000,00
29
Samsung Galaxy Y Duos S6102
Rp 1.375.000,00
Rp 1.000.000,00
30
Samsung C3312 Deluxe Duos
Rp 670.000,00
Rp 500.000,00
31
Samsung i9250 Galaxy Nexus
Rp 3.725.000,00
Rp 2.850.000,00
32
Samsung I8150 Galaxy W
Rp 2.325.000,00
Rp 1.750.000,00
33
Samsung Galaxy Y S5360
Rp 900.000,00
Rp 700.000,00
34
Samsung i509 Galaxy Y CDMA
Rp 1.020.000,00
Rp 750.000,00
35
Samsung B7510 Galaxy Pro
-
Rp 975.000,00
36
Samsung I9003 Galaxy SL 4 GB
-
Rp 1.300.000,00
37
Samsung I9003 Galaxy SL 16 GB
-
Rp 1.550.000,00
38
Samsung Galaxy FIT S5670
-
Rp 1.000.000,00
39
Samsung Galaxy Mini S5570
-
Rp 750.000,00
40
Samsung I9000 Galaxy S
-
Rp 1.500.000,00
41
Samsung Gio S5660
-
Rp 1.350.000,00



4.3 Kelebihan Dan Kekurangan Produk
4.3.1 Produk Blackberry Z10
§  Kelebihan BlackBerry Z10
Diantara kelebihan BB seri terbaru ini yang paling nampak dari luar tentu saja tampilannya yang lebih nyaman di genggaman, seperti iPhone. Beratnya juga hanya 135 gram, ringan di tangan. Bentuknya yang lebar ke atas atau panjang, lebih mengutamakan tampilan nyaman sesuai arah mata naik dan turun, bukan bentuk menggemuk kanan kiri. Bentuk sangat rapih dan ramping, berbeda dengan banyak BB seri pendahulunya, sekalipun yang touchscreen sebelumnya. Belum lagi, tentunya dukungan sistem operasi (OS) terbaru BB 10, pasti lebih mendukung beragam fitur atau kinerja yang belum ada atau belum optimal pada OS sebelumnya.
Fitur yang akan sangat disukai adalah fitur BB Hun, BBM voice and video, waah, super canggih deh! Berdasarkan informasi para pemakainya, kinerja BB Z10 terasa lebih stabil ketimbang seri touchscreen sebelumnya.
§  Kekurangan BlackBerry Z10
Bagi penyuka kualitas bahan, sepertinya BB Z10 akan sangat mengecewakan, karena smartphone ini dibuat dengan menggunakan dominasi bahan plastik. Jika diamati, handheld menjadi kurang elegan. Keluhan lain juga pada aplikasi yang tersedia, untuk BB Z10 ini masih sangat minim aplikasi apapun.



4.3.2        Produk Samsung S4
§  Kelebihan Samsung Galaxy S4
ü  Processor
Pembahasan tentang Kelebihan Samsung Galaxy S4 secara singkat dapat kita mulai dari penggunaan prosessor berkinerja tinggi Exynos 5 Octa 5410, prosessor tangguh yang terdiri dari dua buah prosesor quad core, Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 dan quad-core 1.2 GHz Cortex-A7.Karena memiliki 2 x quad core, maka prosesor ini dinamakan octa core atau 8 inti prosesor. Kedua prosesor yang tertanam memang memiliki kecepatan yang berbeda, dan ini menjadi kelebihan tersendiri bagi, karena dengan kernel khusus pekerjaan ringan akan diberikan pada prosesor 1.2GHz sedangkan pekerjaan yang berat akan diberikan pada prosesor 1.6 GHz. Keunggulan ini akan menghemat daya baterai sekaligus meningkatkan kecepatan kerja Samsung Galaxy S4.

ü  Memori
Memori akan sangat menunjang performa dari sebuah smartphone, Samsung Galaxy s4 ini dilengkapi dengan RAM sebesar 2GB yang merupakan standar minimal smartphone canggih saat ini. Sedangkan untuk penyimpanan data, disediakan memori internal sebesar 16/32/64GB yang dapat diekspansi dengan Micro SD hingga 64GB. Ini merupakan kapasitas yang sangat besar, yang mampu menyimpan ribuan video, foto dan musik favorit Anda.

ü Desain
Desain Samsung Galaxy S4 versi baru sama lebarnya dengan galaxy seri sebelumnya, hanya lebih pendek dan  0,7 mm lebih tebal. Bahan utama body smartphone ini memang terbuat dari plastik namun terlihat solid dan sangat kokoh, ini merupakan kelebihan tersendiri menjadikan Samsung Galaxy S4 ringan namun kuat. Ponsel Pintar Samsung ini di desain untuk tahan terhadap air, debu dan benturan, kelebihan ini seperti yang kita temui pada rivalnya yaitu Sony Xperia Z. Meski memiliki layar 5 inchi, namun Samsung Galaxy S4 ini sangat nyaman digenggam sehingga tidak merepotkan aktifitas kita.

ü Display/Layar
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors pada Samsung Galaxy S4 membuat setiap warna yang tampil begitu nyata dan hidup. Resolusi layar mencapai 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan 441 pixel per inch pada layar selebar 5 inchi ini jelas membuat tampilannya sangat tajam. Samsung melengkapi layar galaxy-nya dengan fitur Air View dan Air Gesture yang memungkinkan pengguna menggunakan ponsel tanpa menyentuh layar, tapi cukup hanya dengan sapuan diatas layar. Sapukan jari anda di atas layar tanpa menyentuhnya, dan otomatis akan terdeteksi layaknya sentuhan fisik pada layar. Ini merupakan kelebihan yang meringankan pekerjaan anda.

ü  Kamera
Samsung Galaxy SIV ini dilengkapi dengan dua buah kamera, yaitu 13MP pada kamera primer di belakang dan 2MP di depan. Kamera dengan 13MP ini dilengkapi dengan fitur LED flash, autofocus, dan 1080p video recording akan membuat pengambilan foto yang tajam di segala suasana termasuk pengambilan gambar pada cahaya yang minim. Kamera  ini mempunyai kelebihan yaitu untuk menjalankan fitur eye tracking, dimana dengan fitur eye tracking ini, pengguna dapat menghentikan pemutaran video hanya dengan mengalihkan pandangan dari layar ponsel (smart pause), pengguna bisa juga melakukan scroll atau ganti halaman hanya dengan gerakan mata (smart scroll). Ini merupakan kelebihan yang belum dimiliki smartphone lainnya.

§  Kekurangan Samsung Galaxy S4
Meskipun sudah kita ketahui banyak sekali kelebihan dari ponsel pintar ini, namun tidak sedikit calon pembeli yang mencari informasi tentang Kekurangan Samsung Galaxy S4, oleh karena itu saya mencoba mencari tahu di banyak sumber mengenai kekurangan yang dimiliki oleh ponsel ini.
Tampilan Samsung Galaxy S4 yang tidak jauh berbeda dari seri sebelumnya hanya berbeda ukuran layar saja hal ini membuat pengguna yang telah menantikan sejak lama lahirnya seri terbaru Samsung Galaxy ini merasa sedikit kecewa.
Bagi sebagian orang, penggunaan plastik pada Samsung Galaxy S4 dianggap kurang memberi kesan premium bahkan ada yang menganggapnya main-main atau kurang berkelas. Kekurangan ini sebenarnya tertutupi dengan banyak keunggulan dari materi plastik yang ringan dan lebih bagus dalam menahan panas.
Harga yang menembus angka 7 jutaan dianggap terlalu mahal bagi sebagian orang, ini sebenarnya merupakan kekurangan atau kelemahan bagi semua smartphone kelas atas, seperti kita ketahui Sony Xperia Z, iPhone 5, HTC One, atau Blackberry Z10 mempunyai harga yang hampir sama-sama mahal. Jadi Kekurangan Samsung Galaxy S4 ini sangat relatif.

4.4 Market Leader
     Setiap produk yang dipasarkan pasti selalu memiliki pengikut, pesaing, dan pemimpin pasar.  Begitu pun dengan kedua produk ini, persaingan handphone Smartphone antara Blackberry Z10 dengan Samsung S4. Banyak para survei membuktikan untuk mencari pemimpin pasar pada Smarphone. Beberapa bukti mengatakan bahwa produk Samsung masih banyak diminati oleh masyarakat luas. Alasan karena lebih menyukai design, bentuk, karakter handphone,  fitur dan lain sebagainya.
            Setiap konsumen memiliki karakter penilaian yang berbeda – beda. Begitu pula dalam menilai pemimpin pasar. Dapat dikutip dari kabar berita diGoogle yang mengatakan bahwa Samsung masih menjadi prioritas utama dikalangan masyarakat 2013 dibandingkan dengan merk handphone lain.
Dilihat dari hasil survei dilakukan, pemimpin pasar untuk tahun 2013 masih dipegang oleh Samsung. Masyarakat masih menyukai produk – produk yang dikeluarkan oleh Samsung. Terbukti Samsung kini dapat melebarkan sayapnya di setiap pasar.

Beri rating:

Pasar smartphone benar-benar memanas pada kuartal kedua sebagai Samsung berhasil memperlebar jarak dari Apple dan menjadi vendor handset paling menguntungkan di dunia, tapi ada juga beberapa drama di pasar handset mobile secara keseluruhan . Menurut perusahaan riset pasar IDC , pengiriman ponsel global tumbuh 6 % per tahun di Q2 2013 mengejutkan 432.100.000 unit . Mengesankan seperti angka itu meskipun, itu hanya mewakili peningkatan marjinal selama kuartal pertama 428.800.000 unit.
Samsung adalah vendor handset mobile terbaik di dunia dengan margin besar menurut data IDC . Raksasa asal Korea Selatan dikirim sekitar 113.400.000 ponsel di seluruh dunia pada kuartal kedua untuk mengambil 26,2 % dari pasar global , naik dari 23,9 % pada kuartal yang sama tahun lalu . Nokia mempertahankan posisi No.2, tapi pengiriman handset menurun 27 % menjadi 61,1 juta unit , baik untuk pangsa 14,1 % dari pasar , menurut IDC.
Apple menjual 31.200.000 iPhone kuartal terakhir dan itu tampaknya baik untuk 7,2 % dari pasar handset mobile di Q2 , naik dari pangsa pasar 6,4 % Apple di Q2 2012 . IDC tidak membuat perbedaan antara penjualan end-user dan saluran penjualan dalam datanya.
LG dan ZTE menempati posisi - 5 menurut IDC , dengan pengiriman sebesar 16,2 juta unit ( pangsa pasar 3,7 % ) dan 15 juta unit ( pangsa pasar 3,5 % ) , masing-masing.
Rival perusahaan Strategy Analytics melaporkan hasil yang sama pada Kamis malam , namun angka yang jauh lebih rendah daripada IDC . Menurut data perusahaan , pengiriman handset mobile global mencapai 386.000.000 unit pada kuartal kedua tahun ini, naik 4 % dari periode yang sama pada tahun 2012 ..
Strategy Analytics memperkirakan bahwa Samsung dikirim 107 juta ponsel di kuartal kedua , baik untuk 27,7 % dari pasar global , Nokia dikirimkan 61100000 ponsel dan pangsa pasarnya anjlok menjadi 15,8 % pada kuartal lalu dari 22,5 % pada Q2 tahun lalu , saham Apple meningkat 8,1 % di Q2 2013 dari 7 % pada kuartal yang sama tahun lalu berkat 31.200.000 iPhone terjual , dan LG dan ZTE dikirim 17,8 juta dan 17,6 juta handset , masing-masing, masing-masing baik untuk sekitar 4,6 % dari pasar global.
" Pengiriman ponsel global mencapai 386,0 juta unit pada Q2 2013 , naik 4 persen dari 371.500.000 di Q2 2012 , " kata Strategy Analytics Neil Shah . " Ini adalah tingkat pertumbuhan tercepat di industri ponsel sejak kuartal kedua 2012 . Permintaan yang tinggi untuk perangkat Android entry-level di Asia dan Amerika Latin melaju banyak pertumbuhan . Samsung terus mendominasi , pengiriman 107,0 juta ponsel di seluruh dunia dan menangkap 28 persen pangsa pasar yang kuat untuk memperkuat pertamanya - tempat yang memimpin.
"Apple tumbuh 20 persen per tahun dan dikirim 31200000 iPhone di seluruh dunia pada Q2 2013. Apple global yang pangsa pasar ponsel naik tipis sedikit menjadi 8 persen , dari 7 persen tahun sebelumnya , " rekan Shah Woody Oh menambahkan . " Pangsa Apple di pasar ponsel sedang berjuang untuk menembus 10 persen langit-langit ke angka ganda , dan itu hanya akan mampu mencapai hal ini secara berkelanjutan jika menambahkan model iPhone baru pada harga yang lebih rendah - poin atau dengan layar yang lebih besar di masa depan . "
            Dari kutipan diatas, dapat disimpulkan bahwa produk Samsung lebih unggul dibandingkan dengan produk blackberry.


4.5 Pesaing
Persaingan dalam penjualan produk merupakan hal yang biasa. Para perusahaan berlomba – lomba mencari cara agar produknya laku. Mulai dari peresaingan harga, dan persaingan fitur handphone yang ditawarkan. Namun yang harus  diperhatikan oleh para pesaing adalah :
1.    Kebutuhan, keinginan,  dan permintaan
2.    Pasar sasaran, positioning, dan segmentasi
3.    Penawaran dan merek
4.    Nilai dan  kepuasan
5.    Saluran dan pemasaran
6.    Rantai pasokan, dll
Dapat diambil contoh simulasi dalam bentuk persaingan. Dulu, awal  tahun 2013. Samsung gembar – gembor akan mengeluarkan produk handphone yang super canggih pada akhir 2013. Produk itu diberinama handphone Samsung S4. Kabar tersebut menyebar, hingga terdengan oleh pihak Blackberry. Blackberry tidak mau kalah saing dengan Samsung. Blackberry pun merencakan akan mengeluarkan produk baru yang dirancang akan menyaingi produk Samsung S4.
Waktu berjalan, dan sekarang terbukti. Blackberry keluar dengan tipe terbarunya, yaitu Blackberry Z10  yang tidak kalah canggih dengan Samsunng S4. Harga keduanya pada  awal peluncuran terhitung sangat tinggi. Mungkin hanya para pembisnis yang mengincar handphone tersebut.
            Namun, jika dilihat daari fitur keduanya. Fitur terbaik masih dipegang oleh Samsung. Kamera Samsung S4 lebih bagus dibandingkan Blackberry Z10. Begitupun dengan beratnya, berat S4 dan Z10 berbeda 6gr, terhitung Samsung S4 jauh lebih ringan dibandingkan dengan Blackberry Z10.
Posted by Kang Didno Kamis, 02 Januari 2014

Samsung adalah salah satu vendor pembuat smartphone terbesar di Asia dan dunia. Tapi kini keberadaannya mulai dikuntit oleh para pesaingnya baik dari luar Asia maupun di Asianya sendiri. Saingan Samsung dan Apple semakin banyak yang notabenenya berasal dari negara-negara Asia sendiri. 
Sejumlah vendor berusaha untuk melengserkan jawara smartphone seperti Samsung dan Apple. Kompetisi ini semakin kuat datang dari Asia sendiri. Dimana sejumlah ponsel terbaru bermain di negaranya masing-masing dengan bermain pada harga dan spesifikasi yang mendekati kedua vendor ternama tersebut. 
Dari sekian banyak vendor di wilayah Asia, ada 13 vendor terkuat pesaing baru Samsung dan Apple. Berikut 13 Vendor Smartphone Dari Asia Pesaing Samsung, Blackberry dan Apple
1.        Xiaomi. Produsen smartphone asal China ini memang fenomenal, smartphone terbarunya yang bernama Xiaomi HongMi berhasil terjual 100 ribu hanya dalam waktu 1 menit saja. Xiaomi kini memiliki smartphone andalannya dengan nama Xiaomi Mi3 yang memiliki layar 5 inci dengan kualitas HD 1080p, prosesor 1.8GHz NVIDIA Tegra 4 (versi WDCDMA) atau 2.3GHz Snapdragon 800 (versi TD-SCDMA), memiliki kamera belakng dengan kekuatan 13 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel , Android 4.2, dengan harga $ 325 untuk memori 16GB atau $ 405 untuk memori 64GB unlock. 
2.        Coolpad. Produsen smartphone asal China ini memiliki smartphone andalannya yang bernama Coolpad Magview 4 yang memiliki layar 5.9 inci dengan layar HD 1080p, prosesor 1.8GHz Tegra 4, dengan kamera belakang 13 megapiksel , menggunakan sistem operasi Android 4.2, dengan harga sebesar $ 650. 
3.        Oppo. Produsen asal China ini sudah mendapat tempat di Indonesia, produk andalannya adalah Oppo N1 yang memiliki spesifikasi layar HD 5,9 inci dengan resolusi 1080p, prosesor Snapdragon 600 1,7 GHz, kamera berputar 13 megapiksel, dengan sistem operasi Android 4.2, dan harga $ 570. 
4.        Micromax. Produsen smartphone asal India ini telah terjual 9,3 juta unit. Smartphone andalannya adalah Micromax A250 yang memiliki spesifikasi layar HD 5 inci dengan resolusi 1080p, memiliki prosesor quad-core MediaTek 1,5 GHz, kamera belakang 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel, menggunakan sistem operasi Android 4.2, smartphone ini dibanderol dengan harga $ 325. 
5.        Karbonn. Produsen smartphone asal India ini telah menjual smartphone andalannya sebanyak setengah juta unit pada kuartal kedua tahun 2013 lalu. Smartphone andalannya adalah Karbonn Titanium S9 yang memiliki layar HD 5.2 inci dengan resolusi 1080p, prosesor 1,2 GHz, kamera belakang 13 megapiksel, dengan sistem operasi Android 4.2, dan harga $ 295. 
6.        Xolo. Meskipun jumlahnya lebih kecil dari dua rival senegaranya, tetapi Xolo merupakan smartphone yang sangat menarik untuk kalangan low-end dan mid-range (kelas menengah). Xolo tampaknya akan menjadi smartphone pertama India yang menggunakan jaringan 4G. Smartphone andalannya adalah Xolo Q900 yang memiliki layar HD 4,7 inci dengan resolusi 720p, menggunakan prosesor Mediatek 1,2 GHz, kamera belakang 8 megapixel dan kamera depan 2 megapiksel, menggunakan sistem operasi Android 4.2, dan harga $ 212. 
7.        Smartfren. Perusahaan telekomunikasi dari Indonesia ini memiliki lebih dari 12,5 juta pelanggan, dan menjadi pendorong untuk Smartphone yang menganggap penggunanya mulai beralih ke Android dengan harga bersaing. Smartphone andalan Smartfren adalah Smartren Andromax U dengan layar berukuran 4.5 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel, prosesor Snapdragon 1,2 GHz, kamera belakang 8 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel, menggunakan sistem operasi Android 4.1, dan dibanderol dengan harga $ 153. 
8.        Evercoss. Produsen smartphone asal Indonesia ini sebelumnya bernama Cross. Evercoss memiliki smartphone andalannya yang diberinama Evercoss A66 yang memiliki layar 5 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel, prosesor 1,2 GHz, kamera belakang 13 megapiksel dan kamera depan 3 megapiksel, menggunakan sistem operasi Android 4.2, dan dibanderol dengan harga $ 170. 
9.        Cyrus. Produsen smartphone asal Indonesia ini mengerti kebutuhan konsumen Indonesia yang tergila-gila dengan smartphone BlackBerry dan BBM, Cyrus dengan bijaksana sudah pra-instal aplikasi BBM untuk Android pada ponsel mereka. Smartphone andalannya adalah Cyrus Cerry yang memiliki layar 5,3 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel, prosesor quad-core 1.2 GHZ, kamera belakang 8 megapiksel dan kamera depan 0,3 megapiksel, menggunakan sistem operasi Android 4.1, dan harganya $ 160. 
10.    Mito. Produsen smartphone asal Indonesia lainnya adalah Mito. Mito telah menjual tablet, ponsel, dan smartphone. Perusahaan ini berbasis di Indonesia tetapi juga beroperasi di India. 80 persen dari penjualan ponsel low-end. Smartphone andalannya adalah Mito A355 yang memiliki layar HD 4,8 inci dengan resolusi 720p, prosesor quad-core Mediatek 1,2 GHZ, memiliki kamera belakang 12 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel, dengan sistem operasi Android 4.2, dan dibanderol dengan harga $ 180. 
11.         Ninetology. Produsen smartphone asal Malaysia ini mengklaim bahwa perusahaannya berada di posisi kedua di bawah Samsung. Smartphone andalannya adalah Ninetology Z1 + memiliki layar HD 5 inci dengan resolusi 720p, prosesor quad-core Media 1.2 GHZ , memiliki kamera belakang 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel, menggunakan sistem operasi Android 4.2, dan dibanderol dengan harga $ 410. 
12.         I-Mobile. Smartphone besutan dari pabrikan asal Thailand ini memang mengkloning smartphone buatannya. Smartphone andalannya adalah I-Mobile IQ XA memiliki layar HD 4,7 inci dengan resolusi 720p, prosesor quad-core Mediatek 1,2 GHZ , memiliki kamera belakang 18 megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel, menggunakan sistem operasi Android 4.2, dan dibanderol dengan harga $ 283. 
13.         FPT. Smartphone ini besutan dari negara Vietnam. FPT telah memproduksi dan menjual 600.000 smartphone di Vietnam pada tahun 2013. Smartphone andalannya adalah FPT IV yang memiliki layar 4.5 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel, prosesor quad-core Snapdragon 1.2 GHZ, kamera belakang 5 megapiksel dan kamera depan 0,3 megapiksel, memiliki sistem operasi Android 4.1, dan dibanderol dengan harga $ 175. 
Pesaing semakin banyak, para konsumen harus lebih cerdas dalam memilih dan memilah.  Jangan sampai tertipu dengan harga yang murah namun kualitasnya yang rendah. Pilih yang terbaik dari semua fitur – fitur yang ditawarkan.
















BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan
            Jadi, dalam persaingan seperti ini setiap perusahaan memiliki cara berbeda untuk menarik hati masyarakat agar menyukai produk yang telah diciptakannya. Begitu halnya dengan produk Blackberry dan Samsung. Masyarakat bebas memilih sesuai dengan selera masing – masing. Produk hanya memberikan bermacam – macam fitur dan keunggulan, dan masyarakatlah yang berhak menentukan. Secara garis besar, Samsung lebih banyak diminati oleh masyarakat ketimbang Blackberry. Dari segi harga, Samsung lebih murah dan produknya pun tidak pernah mengecewakan. Dari segi design, Samsung lebih mengikuti trend masa kini dan tidak ketinggalan zaman seperti handphone jaman dulu. Dari segi fitur, Samsung lebih fleksible. Dan menurut masyarakat Samsung lebih unggul jika dibandingkan dengan Blackberry.
            Maka dari itu, beberapa sumber mengatakan bahwa Samsung jauh lebih diminati dikalangan masyarakat. Ini merupakan nilai tambah untuk Samsung. Apalagi di India, Samsung telah sukses merebut hati para pengguna handphone. Mungkin selanjutnya adalah Indonesia.
            Selain dari produk Samsung dan Blackberry, kini telah hadir beberapa pesaing yang siap meraikan pasar telekomunikasi. Pesaing – pesaing ini menawarkan produk yang tidak kalah menarik dan canggihnya dengan Samsung dan Blackberry. Produk pesaing ini seperti, Oppo, FTP, Xiaomi, Coolpad, Evercoss, Mikromax, Karbonn, Xolo, Smartfren, Cyrus, Mito, Ninetology, dan I – Mobile.

5.2 Saran
            Untuk para konsumen handphone, agar lebih berhati – hati dalam memilih produk jangan sampai tertipu karena harga  mahal, tapi kualitasnya jelek. Lebih pelajari keunggulan dari produk masing – masing. Dari mulai fitur, design, dan harga yang paling penting. Cari referensi sebanyak mungkin untuk meminimalisir terjadinya penipuan.
Daftar Pustaka

Atma Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Cetakan kelima, Alfabeta, Bandung,  2002
Arifin Zainul, MBA, Dasar – Dasar Manajemen, Cetakan Ke Dua, Alvabet Anggota Ikapi Jakarta
Arif Isnaini, Model Dan Strategi Pemasaran, Cetakan Kedua, NTP Press, Mataram 2005
Kotler Philip, Manajemen Pemasaran, Jilid Satu, Edisi Revisi, PT. Pertalindo, Jakarta 2002
Stoner A.F., James., Manajemen. Penerbit Erlangga, Edisi Tigabelas, 1998

Tidak ada komentar:

Posting Komentar